Sabtu, 16 Januari 2021

Jaringan membentuk trafik GRATIS

 


Jaringan untuk membentuk trafik ( paling tidak versi saya ) ini sangat penting, terutama untuk mengundang trafik ke web utama kita, sehingga konsentrasi untuk mengarahkan trafik tidak terpecah, fokus satu arah menuju web utama kita.

Mohon maaf, saya sendiri sebetulnya kurang ahli dalam hal seo, optimasi dan sejenisnya, istilah-istilah yang ada saja kurang begitu memahami, namun bagi saya pemahaman istilah itu bukan hal yang mendasar, yang penting kan tujuannya.

Jadi begini, terketuk membaca komen dan posting teman-teman di group blogger fb, yang menulis rincian cost sudah habis sekian, hasil sekian ( nol ), saya jadi ingin ikut urun rembug, paling tidak ya versi saya, kalau salah atau keluar dari pakem ya sudah cuekin aja, kalau kira-kira kayaknya agak benar silahkan pakai.

Tertarik dunia online, beberapa tahun yang lalu saya juga sama, saya ikut training dengan biaya yang cukup mahal, yang hasilnya cuman diajari bikin web pakai wp, sudah itu wp pun harus pakai hosting ( dari afiliasi sang guru tentunya ), belum tuntas sampai disitu, masih ditawari lagi tools lain yang tentu saja tidak gratis, alhasil bingung duit keluar banyak hasil nyaris nihil.

Saya coba cara lain, menurut suhu kenapa harus pakai hosting berbayar, oh iya ada juga nih pengalaman hosting ini, murah dengan diskon 70 %, haduh ternyata waktu perpanjang lah kenanya, harus bayar 3 kali lipat dari harga awal, alasannya simple, kan diskonnya sudah gak ada, waktu itu lagi gak ada duit lagi, tapi fatal kan kalau hosting gak diperpanjang, web akan off tentunya.

Web gratis atau berbayar

Lalu kata suhu, juga harus pakai hosting berbayar, karena dari nama domain itulah akan terangkat nama kita misalnya domainkita.com akan lebih dipercaya orang dibanding domainkita.blogspot.com misalnya, saya teliti beberapa lama ternyata gak begitu juga.

Udah deh curhatnya, kembali ke persoalan, kita fokus di bisnis utama kita, misalnya toko online ( kalau saya bisnisnya jasa ), lah yang ini saya pake wp dan elementor karena ini adalah company profile kita, dan harus cukup aman, nyaman dan sebagainya, namun terus terang yang inipun saya bikin belakangan, dahulunya pakai yang gratis juga.

Jadi terserah web utama ini mau pakai hosting dan domain berbayar atau pakai yang gratisan, kalau di awal karena belum jelas pemasukannya mending pakai gratisan dulu, pakai weebly juga sudah cukup lengkap

Web utama 

Web utama ini adalah etalase toko kita, kantor pusat perusahaan kita, back office kantor kita, sudah saya singgung diatas kalau mau mantap yang pakai hosting dan domain berbayar, tapi kalau belum ada modal pakai aja gratisan ( banyak kok ), disini akan kita muat segala macam produk kita yang penting semua tampil, profil usaha kita, kontak utama kita semua yang penting-penting dan resmi ada disini.

Cuman perlu diingat juga disini tidak perlu terlalu detail, yang penting semuanya bisa tampil terlihat dan menarik, bagaimana caranya supaya setiap produk gampang terlihat dan menarik sehingga timbul penasaran, paling tidak pengin nanya, iya ada yang lupa web utama ini kalau masih pakai gratisan misalnya blogspot juga gap apa, kan kalau nantinya sudah oke bisa dibuat domai resminya.

Landing page

Landing page ini berisi masing-masing produk yang sudah dimuat di web utama, cuman bedanya landing page ini detail dari salah satu produk, jadi misalnya di web utama kita pasang di etalase ada 5 produk, maka kita bikin 5 landing page.

Untuk yang ini saya mulai tidak mau keluar cost, pakai yang gratisan, banyak penyedia web gratis, kalau saya pakai weebly, platform ini cukup bagus, modelnya pesis elementor sehingga sangat mudah untuk dibangun walaupun kita gaptek.

Gak masalah kan kita bikin 5 web gratis, artinya sampai tahap ini semua detail produk sudah kita sajikan kepada calon customer kita, tapi jangan lupa semua landing page ini mengarah ( backlink ) ke web utama kita, ada link dari wigdet, dari teks, dari gambar dan sebagainya yang semuanya link ke web utama, ada sih ke web lain sesama landing page atau balik ke blog, tinggal kita liat aja fungsinya.


Setiap produk sudah ada di landing page, namun pengalaman saya ada yang cukup powerfull lagi, setiap produk kita tadi detailnya dibuat slide, ya power point, gampang kok tinggal mindahin apa yang ada di landing page terus dibuat versi slidenya, tentunya dengan gambar dan ilustrasi yang menarik kalau sudah silahkan upload di slidesare, kalau sudah mulai banyak file simpan aja di google drive, setiap saat gampang dipanggil, gratis juga kan.

Ada baiknya, ppt yang sudah dibuat tadi upload juga ke slide palyer, disini tampilan slidenya lebih hidup ( lagi-lagi ini menurut saya lho ), jangan berhenti disini, ppt tadi rubah formatnya jadi mwf atau mp4 lalu taruhlah di youtube, sudah nyebar berapa jaringan nih...

Jangan lupa, pada setiap slide harus ada ciri produk kita, misalnya alamat web atau alamat kontak yang lain sehingga prospek tidak kehilangan arah apabila sudah keluar dari web kita ( offline )

Blog

Lah yang terkhir blog, ini juga pakai yang gratis, blogspot paltform dari google ini cukup lengkap dan menurut saya cukup bagus, kalau di blog ini bukan diibagi per produk tetapi per niche, setiap postingan diarahkan ke landing page yang behubungan dan juga ke tampilan produk yang berhubungan di web utama.

Blog ini kan fungsinya lebih banyak lagi, karena disamping sebagai rincian atau penjelasan dari produk kita, juga sebagai personal branding, sebagai catatan dan masih banyak lagi

    lihat     :     Ternyata ... ngeblog sangat menguntungkan  

Itulah kira-kira membangun jaringan untuk membentuk trafik ke web utama, agar produk kita emakin laris dan makin dikenal tentunya

Silahkan .......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar